Laman

15 Februari 2011

Cegah Menurunnya Motivasi Kerja


Banyak kendala yang dapat menurunkan motivasi anda dalam bekerja. Kendala itu bisa berupa masalah dengan atasan atau rekan, kekurangan uang, stres dan lain sebagainya.
Penting sekali bagi anda untuk mengetahui apa saja yang bisa mengganggu motivasi anda dalam bekerja. Dengan mengetahuinya anda bisa melakukan tindakan preventif. Kalau masalah itu sudah terjadi kadang berat untuk mencari penyelesaiainnya, jadi lebih baik melakukan pencegahan. Ada berapa hal yang anda bisa lakukanuntuk menvegah menurunnya motivasi anda dalam bekerja.
Pertama, Jaga selalu kebersihan dan kerapihan temoat bekerja. Kesibukan pekerjaan kadang jadi alasan bagi andan untuk membiarkan ruangan kerja anda berantakan,tempat kerja yang berantakan (terutama meja kerja) akan membuat motivasi kerja anda menurun, apalagi kalau anda tengah menghadapi masalah. Jika ruangan kerja anda berantakan, Anda akan tambah “menderita” , masalah akan terasa lebih runyam.
Segeralah bersihkan dan rapihkan kembali apabila ruang kerja anda sudah digunakan.Simpan kembali peralatan pada tempatnya semula setelah digunakan, percayalah dengan melakukan kebiasaan ini, disamping akan memberikan sepirit bagi anda semangat bekerja, juga anda akan mendapatkan ketenangan.
Kedua, Buatlah perjalanan menuju kantor menjadi menyenangkan, jarak rumah anda ke kantor yang jauh memberi peluang anda untuk terjebak anda dalam kemacetan. Kemacetan dapat menimbulkan stes bagi anda. Perjalanan yang menumbulkan stres akan menguras energi tubuh anda sehingga anda tiba di kantor anda sudah lelah duluan. Solusinya adalah datang lebih pagi ke kantor memungkinkan anda terhindar dari kemacetan. Disamping lebih sehat, bawalah buku atau majalah yang anda sukai jika anda memungkinkan untuk membacanya sepanjang perjalanan, memutar musik kesukaan, mendengarkan siaran motivasi atau berita terbarudan lain sebagainya.
Ketiga, buatlah acara-acara rekreasi pada waktu khusus,. Anda bisa mengukuti acara-acara kebersamaan dengan rekan sekantor anda. Misalnya makan bersam di restoran, liburan ke salah satu tempat wisata, out bound, dll. Dengan acara-acara hiburan yang positif seperti itu, diharapkan mood dan motivasi anda bekerja akan senantiasa terjaga, selain itu anda juga dapat terhindar dari kejenuhan.
Keempat,  berhematlah dengan gaji anda, ditengah harga barang dan jasa terus membumbung tinggi ditambah gaya hidup yang boros. Besiap-siaplah sengsara. Dengan gaya hidup yang boros, gaji anda yang baru diterima, dalam waktu singkat bisa segera ludes. Masalah keuangan tak dipungkiri bisa membuat motivasi anda dalam bekerja menurun. Oleh karena itu, anda lebih baik berhemat, sisihkan uang anda untuk ditabung atau investasi. Selain mengeluarkan zakat atau sedekahnya, dengan berhemat anda tetap punya pegangan uang meskipun memasuki akhir bulan. Hindari pula berhutang yang sekiranya tidak menjadi nilai tambah,melainkan menjadi beban.
Kelima, hindari membuat masalah dengan atasan atau rekan kerja. Jika masalah tetap terjadi, segeralah diatasi dan diselesaikan. Dimanapun dan kapanpun anda bekerja, masalah senantiasa ada. Segeralah selesaikan masalahnya. Masalah yang dibiarkan berlarut-larut membuat motivasi anda bekerja jadi menurun, dan andapun akan malas pergi bekerja.
Dibutuhkan keterampilan bagi anda untuk cerdas mengahadapi bebagai kendala (terutama kendala ditempat kerja). Dan anda bisa mendapatkannya dengan mengikuti bebagai pelatihan motivasi, konseling juga menbaca buku-buku motivasi dari penulis yang kredibel.
“awali dengan ihklas,maka segala sesuatu akan terasa ringan” 
Semoga bermanfaat ...
 




2 komentar:

hendrian mengatakan...

makasih buat blogwalkingnya, salam kenal.

Diana S Giadireja mengatakan...

salam kenal jg.. semangat trussss
makasih dah mampir..

Posting Komentar

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...